Inilah Tes Kesuburan Pria yang Membantu Program Hamil

Tes kesuburan tentunya menjadi faktor yang sangat berpengaruh agar cepat hamil. Tes kesuburan sendiri sebenarnya dilakukan untuk mengetahui diagnosa dini mengenai sistem reproduksi yang tentunya sangat berpengaruh terhadap program hamil Anda dan pasangan. Nah, berikut merupakan tes kesuburan pria yang dapat membantu program hamil.

  1. Analisis Sperma

Analisis sperma merupakan tes kesuburan pada pria yang sering dilakukan oleh dokter. Tes yang satu ini dilakukan untuk mencari tahu mengenai faktor kemandulan yang mungkin terjadi pada seorang pria. Tes kesuburan ini dilakukan untuk mengevaluasi jumlah sperma, penampilan sperma, hingga mobilitas sperma yang diuji.

  1. Urinalisis

Tes kesuburan pada pria yang membantu program hamil selanjutnya adalah urinalisis. Tes yang satu ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat kemungkinan sperma yang terkandung dalam urine. Kondisi yang satu ini tentunya merupakan gejala ejakulasi pada sistem reproduksi pria yang kerap dikenal dengan nama ejakulasi retrograde.

  1. Tes Kesuburan Pria Lanjutan

Tes kesuburan pada pria selanjutnya adalah tes kesuburan pria lanjutan. Dalam berbagai kasus, tes melalui tes laboratorium dan analisis sperma juga sangat dianjurkan untuk dilakukan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kesuburan agar lebih baik. Tes kesuburan pria yang satu ini tentunya sangat berpengaruh pada program hamil Anda agar cepat hamil.

  1. Aglutinasi Sperma

Tes kesuburan pria selanjutnya adalah aglutinasi sperma. Tes kesuburan pria yang satu ini merupakan tes laboratorium yang mencakup pemeriksaan sperma dengan menggunakan mikroskop.

Tes yang satu ini dilakukan guna mengetahui apakah sperma pada sang pria saling melekat atau tidak. Pemeriksaan yang satu ini dianggap penting karena penggumpalan sperma merupakan masalah yang serius. Mengapa demikian? Penggumpalan yang terjadi pada sperma tentunya akan menyebabkan sperma tidak dapat berenang dengan baik.

  1. Uji Penetrasi Sperma

Tes kesuburan pada pria yang satu ini berbeda dengan tes-tes kesuburan yang lainnya. Uji penetrasi sperma dilakukan dengan menggunakan sel telur hamster. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan sperma ketika menembus sel telut. Namun, pada umumnya, tes kesuburan pada pria yang satu ini sangat jarang untuk dilakukan.

  1. Ultrasonografi

Tes kesuburan pada pria yang membantu program hamil yang terakhir adalah ultrasonografi. Tes kesuburan yang satu ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada penyumbatan ataupun kerusakan yang terjadi pada saluran reproduksi pria. Selain itu, tes kesuburan yang satu ini juga memerlukan uji coba prostat serta vesikula siminalis pada pria.

 

Di atas merupakan tes kesuburan pria yang dapat membentuk program hamil. Dengan melakukan serangkaikan tes kesuburan tersebut tentunya akan meningkatkan kesempatan bagi pasangan Anda agar cepat hamil. Segaralah lakukan tes kesuburan pria tersebut agar impian Anda untuk memiliki buah hati segera terwujud. Semoga bermanfaat.